Tips Mengatasi Maag

Tips Mengatasi Maag – Pada umumnya, maag bisa ditangani dnegan menghindari makanan yang pedas, asam, alkohol dan rokok untuk sementara waktu. Makan tepat waktu dan mengelola stress juga sangat penting. Mencatat kapan maag kambuh akan sangat membantu dalam mendiagnosis apa penyebab sakit Anda, terutama jika itu disebabkan oleh makanan atau minuman tertentu.

 Tips Mengatasi Maag

Tips Mengatasi Maag

Jika sakit maag Anda tidak kunjung sembuh, atau sering muncul dalam jangka waktu pendek, mendatangi dokter adalah pilihan yang tepat. Catatan tadi juga diperlukan agar Anda dapat mengungkapkan gejala dan kemungkinan penyebab yang dialami secara spesifik.

Jika Anda melakukan penanganan sendiri, disarankan untuk tidak terlalu sering meminum obat setiap kali Anda maag. Dalam jangka panjang, obat maag justru dapat menyebabkan terjadinya diare, mulut menjadi kering, berkurangnya tonus otot lingkar esofagus bagian bawah, sakit kepala, mual bahkan muntah.

Penyebab sakit maag bisa disebabkan karena asam lambung yang naik dan kemudian menyebabkan terjadinya iritasi pada dinding lambung, dan sampai menimbulkan suatu masalah munculnya gejala nyeri pada perut. Dan penyakit maag biasannya disebabkan karena berbagai faktor, beberapa diantaranya adalah pola makan yang slaha, dan psikis misalnya akibat stres dan juga akibat dari seranga H. Pylori. Bakteri jenis ini merupakan salah satu jenis bakteri yang bisa berkembang dan hidup di saluran pencernaan manusia, dan biasanya lebih tepat berada di bawah lapisan selaput lendir dinding di bagian dalam lambung atau mukosa lambung. Dan adanya suatu infeksi akibat dari bakteri H. Pylosri ini bisa menyebabkan terjadinya peradangan pada dinding lambung.

Gejala yang muncul pada penyakit maag adalah :

  1. Mual dan muntah
  2. Perih pada lambung
  3. Rasa kembung pada perut
  4. Menurunnya nafsu makan

Diagnosis dari penyakit maag ini adalah :

  1. Riwayat medis
    Biasannya dokter akan menanyakan dengan pesifik tentang riwayat serta gejala dari sakit yang bisa menjadi suatu gejala atau keluhan dan mencari kaitannta dengan faktor penyebab dari maag yang bisa terjadi.
  2. Pemeriksaan fisik
    Biasanya dokter akan melakukan pemeriksaan pada bagian perut khususnya bagian bawah dengan cara menekan-nekan untuk mengetahui apakah ada suatu pembengkakan yang terjadi, atau adanya rasa sakit.
  3. Pemeriksaan laboratorium
    Pemeriksaan yang dilakukan adalah memeriksa terjadinya infeksi dari H. Pylori yang bisa menyebabkan terjadinya masalah tukak lambung. Dan biasanya pada pemeriksaan ini, maka pasien diminta untuk minum larutan reagen 13 c-urea, yakni urea yang labelnya adalah radioaktif yang aman untuk diminum. Dan biasanya setelah minum larutan tersebut, maka dilakukan penampungan pada sample nafas yang bisa digunakan sebagai bahan untuk melakukan pemeriksaan.
  4. Pemeriksaan endoskopi bagian atas. Dilakukan dengan cara menyusupkan sebuah tabung yang diintai lentur melalui mulut yang dilakukan untuk memeriksan bagian yang ada di dalam esofagus, lambung serta duodenum yang dilakukan untuk mencari apa ada kelainan. Dokter biasanya akan memeriksakan dinding saluran pencernaan yang hasilnya terpampang pada layar monitor. Dan tenggorokan pasien biasanya akan disemprotkan pembius lokal, ata pasien dibuat tidak sadar. Dan biasanya prosedur ini dilakukan sekitar 25 menit.

Tips mengatasi maag

1. Cara mengatasi maag dengan Waspadai makanan tertentu

Untuk membantu tips mengatasi maag, Anda harus berhati-hati dengan makanan atau minuman yang bisa meningkatkan kadar asam lambung, dan juga yang menimbulkan gas.

Makanan pedas, berminyak dan sayuran pahit bisa meningkatkan produksi asam lambung. Oleh karena itu, cara mengatasi maag sebaiknya hindari masakan yang pedas, berminyak dan juga sayuran pahit selama Anda masih merasakan nyeri lambung. Daging kambing juga bisa menimbulkan rasa panas di perut, sehingga bisa memperparah gejala maag sehingga harus dihindari. Demikian pula makanan yang menimbulkan gas misalnya jenis kubis (kol, bunga kol) dan juga minuman bersoda.

2. Cara mengatasi maag dengan Jangan overdosis

Obat maag tidak boleh diminum lebih dari 6 kali dalam sehari. Artinya, jika setelah minum obat maag setiap 2 atau 3 jam, Anda masih merasa nyeri lambung, sebaiknya segera periksakan diri ke dokter. Dokter mungkin mengganti obat Anda dengan obat maag yang sifatnya lebih keras, tetapi harus diperoleh dengan resep dokter (tidak bisa dibeli di sembarang tempat).

3. Cara mengatasi maag dengan Jangan terlambat makan

Saat maag menyerang, biasanya kita agak kurang selera untuk makan dalam jumlah normal. Oleh karena itu, cobalah untuk membagi porsi makan ke dalam porsi yang lebih kecil, tetapi sering. Tips Mengatasi Maag Misalnya, setiap 2 jam sekali Anda makan seporsi kecuil nasi dan lauk-pauk, diselingi dengan makan buah (yang tidak terasa asam) atau biskuit, agar lambung Anda tetap terisi makanan. Buah-buahan yang asam sebaiknya dihindari karena akan memicu produksi asam lambung naik semakin tinggi dan menjadi penyebab penyakit maag.

Itulah informasi mengenai cara mengatasi maag, semoga bermanfaat untuk Anda.

 Tips Mengatasi Maag


=====================================

>>> Nutrisi Gandum Talbinah Obat Untuk Mengatasi Sakit Maag, Mengatasi Gangguan Pada lambung, KLIK Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Cara Mengatasi Maag and tagged , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>