Cara Mengatasi Maag

Cara Mengatasi Maag – Maag atau gastritis merupakan gangguan pada lambung. Keluhannya berupa perut kembung, ulu hati perih, kadnag-kadnag disertai mual dan muntah. Maag jarang dialami oleh anak-anak, tetapi lebih sering pada orang dewasa dan usia lanjut.

Sebenarnya maag dapat diatasi dengan cara mudah hanya dengan menerapkan pola makan dan pola hidup yang sehat, serta rajin mengkonsumsi makanan dan minuman yang memiliki angka kelengkapan gizi dan nutrisi dan bila perlu mengkonsumsi suplemen penunjang untuk memelihara kesehatan.

 Cara Mengatasi Maag

Cara Mengatasi Maag

Ada beberapa gejala yang ditunjukkan dari penyakit maag ini :

  1. Sakit saat buang air besar
  2. Terasa mual dan muntah
  3. Merasa lapar
  4. Terasa kembung
  5. Nyeri pada bagian ulu hati

Jika  penyakit maag semakin parah, maka gejala yang timbul pada penderita juga akan semakin parah dan semakin menyakitkan. Itulah alasan mengapa perlunya penanganan yang segera untuk mengatasi penyakit maag ini. Yang ditakutkan adalah penyakit maag berubah menjadi kronis.

Cara mengatasi maag adalah dengan mengetahui terlebih dahulu apa penyebabya. Salah satu penyebab dari penyakit maag adalah akibat makan yang tidak teratur, dan juga serangan bakteri H. Pylori yang merupakan bakteri pencetus penyakit maag. Selain itu penyebab lainnya adalah karena mengonsumsi obay-obatan yang bisa menyebabkan pemicu dari terjadinya penyakit maag. Penyebabnya karena mengonsumsi alkohol, pola tidur dan pola makan yang tidak teratur, akibat stres. Biasanya pada penderita maag, penderita telat makan, dan juga porsi makan pendrita biasanya lebih banyak. Untuk penderita maag yang sudah parah, ia harus memilah milih makanan yang dikonsumsi.

Cara mengatasi penyakit maag tanpa obat adalah :

  1. Menghindari keadaan perut kosong, karena jika perut kosong maka akan menyebabkan asam lambung naik.
  2. Mengatur jadwal makan dengan porsi yang kecil dan juga ringan dan jangan makan dengan frekuensi yang lebih sering.
  3. Makanlah makanan yang teksturnya lunak dan bisa dengan mudah dicerna oleh tubuh.
  4. Menghindari stres
  5. Hindarilah jenis makanan atau minuman yang mengandung alkohol, gas, dan juga kafein
  6. Mengobati dengan menggunakan cara alami.

Cara mengatasi maag secara tradisional bisa dilakukan dengan beberapa bahan herbal alami seperti dibawah ini :

  1. Madu
    Madu merupakan salah satu bahan herbal alami yang bisa membantu untuk mengatasi penyakit maag. Madu digunakan untuk mengobati penyakit maag dan sudah terbukti secara efektif karena sudah terbukti secara klinis. Madu bisa membantu untuk menyembuhkan berbagai luka borok yang terjadi salah satunya di tukak lambung yang disebabkan karena serangan dari bakteri yang bentuknya spiral semacam H. Pylori dan disebabkan karena beberapa faktor yang bisa menyebabkan asam lambung mengalami kenaikan akibat stres, makanan, dan juga penggunaan obat-obatan jenis NSAID atau juga obat anti nyeri yang dikonsumsi dalam jangka waktu yang lama yang menyebabkan seseorang mengalami masalah maag kronis dan menimbulkan munculnya luka pada lambung.
  2. Mengurangi makanan yang pedas, panas dan bersantan, serta asam juga perlu dilakukan utuk menurunkan resiko asam lambung naik yang menjadi penyebab dari penyakit maag.
  3. Bahan herbal lainnya adalah dengan menggunakan kunyit. Kunyit merupakan salah satu rempah-rempah yang dipakai untuk menyedapkan masakan. Namun, manfaat lain dari kunyit adalah untuk membantu mengatasi masalah maag. Cara membuat ramuan ini adalah adalah bersihkan kunyit sampai bersih, kemudian ramuan perasan dari air kunyit yang dibakar terlebih dahulu diminum.
  4. Temulawak ternyata juga bisa dipakai untuk membantu mengatasi sakit maag. Cara membuatnya adalah merebus temulawak terlebih dahulu, kemudian air rebusan temulawak radi diminum dengan teratur untuk membantu mengatasi masalah maag.
  5. Labu kuning untuk maag dibuat dengan cara direbus beberapa labu yang sudah dipotong, kemudian dikonsumsi dengan cara yang teratur.

Berikut Cara Mengatasi Maag dan pencegahannya, diantaranya adalah :

  1. Jangan terlambat makan dan jangan makan terlalu banyak
  2. Hindari makanan pedas seperti cuka, cabe, jahe dan merica
  3. Jangan mengkonsumsi makanan yang mengandung gas seperti kol, sawi, singkong, nangka, durian, dan buah-buahan yang dikeringkan
  4. Hindari karbohidrat tertentu yang bisa membuat lambung begah atau penuh, misalnya ketan dan mie instan
  5. Jauhi minuman beralkohol, bersoda, susu serta rokok
  6. Sebisa mungkin hindari mengkonsumsi makanan yang sulit dicerna seperti kue trat, keju, dan daging kambing. Semua makanan itu membuat lambung bekerja keras dan memperlambat pengosongan isi lambung.
  7. Jaga kebersihan alat-alat makan dan minum Anda, serta jangan lupa cuci tangan sebelum makan karena bakteri Helicobacter Pylor (bakteri yang menyerang dinding lambung) mudah sekali berpindah melalui ludah lewat piring atau gelas yang dicuci kurang bersih.

Itulah beberapa obat herbal yang bisa membantu untuk mengatasi masalah penyakit maag.

 Cara Mengatasi Maag


=====================================

>>> Nutrisi Gandum Talbinah Obat Untuk Mengatasi Sakit Maag, Mengatasi Gangguan Pada lambung, KLIK Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Cara Mengatasi Maag and tagged , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>